Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelelawar

 

 



















CIRI-CIRI PENTING KELELAWAR

Disadur dari buku “Kelelawar Di Indonesia” ditulis oleh A. SUyanto (2001).
Untuk membedakan kelelawar dengan kunci identifikasi, diperlukan pengetahun beberapa ciri penting yang biasa digunakan dalan kunci identifikasi kelelawar.
Beberapa ciri penting kelelawar meliputi :
1. Cakar jari kedua
“Beberapa jenis kelelawar yang memiliki cakar pada jari kedua terutama Famili PTEROPODIDAE, tetapi kebanyakan kelelawar tidak memiliki ciri ini.”
2. Rambut
“Beberapa jenis kelelawar tertentu rambut sangat jarang atau bahkan gundul (Cheiromeles), namun ada juga yang rambutnya sangat tebal.”
” Warna rambut di beberapa jenis dapat digunakan untuk identifikasi meskipun tidak semua kelelawar dapat dibedakan berdasarkan warna rambut.”
” Beberapa ciri warna rambut penting : gariscoklat/hitam di sepanjang punggung tengah (Nyctimene), garis putih pendek pada kening (Stylotenium, Neopteryx) atau totol-totol putih pada sayap (Nyctimene, Balionycteris).”
3. Selaput kulit
 ” Selaput yang diperhatikan adalah selaput antar paha. Pada kebanyakan kelelawar selaput ini berkembang, terutama pemakan serangga (Microchiroptera )(kecuali Rhinopomatidae) sedangkan lainya tidak berkembang seperti pemakan buah (Megachiroptera) dan Rhinopomatidae (Microchiroptera).”
4. Ekor
 ”Ada dan tidaknya ekor dapat digunakan sebagai ciri membantu identifikasi.”
” Jenis-jenisyang tidak mempunyai ekor atau ekornya sangat mengecil adalah : Pteropus, Acerodon, Harpyionycteris, Styloctenium, Balionycteris, Aethalops, Megaerops, Syconycteris, Thoopterus, CHironax, Macroglossus, Megaderma dan Coelops.”
“Pada anggota Nycteris, ujung ekor bercabang dan membentuki huruf T”
5. Telinga
“ Selain bentuk dan ukuran daun telinga, bagian yang perlu diperhatikan adalah ada atau tidaknya tragus dan antitragus.
Tragus adalah bagian yang emnonjol dari dalam daun telinga berbentuk sperti tongkat
Antitragus adalah suatu bagian yang menonjol dari luar daun telinga (Molossidae, Rhinolophidae), bentuknya bundar atau tumpul.
Selain itu perlu diperhatikan ukuran dan arah tragus contoh Myotis bentuk tragus umumnya pandjang dan runcing pada ujungnya dan menghadap depan. “
6. Lipatan Kulit sekitar lubang hidung (Noseleaf)
” Rhinolophidae dan Hipposideridae memiliki bagian khusus pada wajah, terutama di sekitar lubang hidung yang disebut daun hidung.
Merupakan tonjoloan kulit yang terdiri 3 bagian yaitu daun hidung belakang (posterior), tengah (Intermediate) dan depan (anterior).
Pada jenis kelelawar lain daun hidungnya sangat sederhana, berupa lipatan kulit yang kecil tunggal dan tumbuh di ujung moncong saja.”
7. Gigi geligi
8. Rigi Palatum
“Rigi palatum adalah tonjolan kulit pada langit-langit. Biasanya ada tiga tipe yang depan berupa garis-garis yang tidak terputus, tengah berupa garis terputus dan belakang berupa garis-garis yang tidak terputus menyerupai busur.
Rumus gigi palatum dibuat berdasarkan jumlah garis pada masing-masing bagian. “
9. Penebalan kulit
10. Tengkorak
11. Kantong radio metacarpal
12. Bentuk hidung
13. Panjang ruas jari akhir
14. Ukuran Tubuh luar
15. Ukuran tengkorak
Halim
Halim Introvert Yang Senang Baca Buku dan Traveling

Posting Komentar untuk "Kelelawar"